Rapat Pansus Raperda Perubahan Perda Nomor 14 Tahun 2016

BENGKULU UTARA ANGKASA ONLINE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bengkulu Utara, menggelar rapat pansus Raperda Perubahan atas peraturan daerah nomor 14 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Bengkulu Utara,   yang dilaksanakan  di gedung DPRD kabupaten Bengkulu Utara, Jumat (13/11/2020).

Rapat pansus dengan agenda perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) berubah menjadi badan keuangan dan aset daerah (BKAD).

Loading...

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dilebur menjadi satu dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Lalu ada perubahan status Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menjadi badan.

Tak hanya itu, dalam pembahasan  perubahan perda nomor 14 tahun 2016 tentang pembentukkan dan susunan perangkat daerah kabupaten Bengkulu Utara pada pasal 3 ayat  1 huruf e angka 4 tertulis Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD).

Dikatakan ketua pansus raperda DPRD Kabupaten Bengkulu Utara, Tommy Sitompul bahwa memang benar untuk BPKAD itu kata  pengelola tidak digunakan lagi. “Kata pengelola ini digunakan jika dua  OPD yakni BPKAD dan BAPENDA masih tergabung,  inikan sudah berdiri masing – masing yangh mengacu kepada Permendagri nomor 5 tahun 2017.  Dalam Perda nomor 14 tahun 2016, BKPSDMD masih menggunakan kata ‘Daerah’ jadi disesuaikan menjadi BKPSDM saja. Lalu ada perubahan status Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menjadi badan.” ungkap Tomi

Untuk diketahui, perubahan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 11 Tahun 2019. Untuk Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) akan bergabung ke BAPPEDA. (adv/tama)

Loading...
Loading...