Proyek Tanpa Papan Informasi, Kades Blokir Nomor Wartawan

Berita Proyek Rabat Beton, Desa Pal 30

BENGKULU UTARA  ANGAKASA ONLINE –  Pekerjaan  pembangunan jalan rabat beton yang yang bersumber dari anggaran  Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020  desa Pal 30 (Tiga Puluh) kecamatan Lais  kabupaten Bengkulu Utara provinsi Bengkulu terkesan  menututupi informasi kepada masyarakat, hal ini  terlihat jelas  tak adanya papan  merek di lokasi pembangunan tersebut.

Pembangunan jalan rabat beton yang berlokasi tidak jauh dari kantor kecamatan Lais  tersebut seharusnya ada  papan informasi proyek, yang bertujuan  agar masyarakat tahu sumber anggarannya dari mana, besaran anggarannya berapa, terus volume pekerjaan serta berapa hari  target pekekerjaaan  proyek tersebut.

Loading...

Salah satu masyarakat yang enggan disebutkan namanya kepada Media Angkasa Online, (10/5/2020) menuturkan bawha  jika tidak ada papan proyeknya kayak gini, masyarakat jadi tidak tahu bagaimana bisa mengawasi pekerjaan yang didanai oleh uang desa ini.

“Papan nama tersebut di antaranya memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pengerjaan projek,” katanya.

Untuk diketahui, Plang (papan) informasi proyek itu bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparan,  dimana keterbukaan atau transparansi ini dimulai sejak Dana Desa (dd) direalisasikan, dan memberikan ruang seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat untuk mengetahui dari mana anngarannya, berapa jumlahnya, serta berapa volume pekerjaan dan hari kerjanya.

Kewajiban pemasangan Plang (Papan)  Informasi Proyek tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012. Regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik/Non Fisik yang dibiayai negara, wajib memasang papan nama  infomrasi proyek.

Namun dengan tidak terpasangnya plang papan nama pada sejumlah projek tersebut, bukan hanya bertentang dengan perpres,  tetapi juga tidak sesusai dengan semangat transparansi yang dituangkan pemerintah dalam Undang-undang nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.

“Pada pasal 25 Perpres diatur mengenai pengumuman rencana pengadaan barang/jasa pemerintah, melalui pengumuman resmi  dan sebagainya, dan diperkuat  juga  apa yang juga diatur dalam UU nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

Ketiak Dikonfirmasi, Kades Blokir WhatsApp

Sayangnya,  Saat dikonfirmasi oleh  jurnalis  Angkasa Online, sang kepala desa (Kades) Pal 30 (tiga Puluh), Budiman melalau WhatsApp mengakui pekerjaan tersebut belum dipasang papan merek,  ia beralasan belum ada tiang, namun setelah menjawab  kalimat tersebut, sang kades langsung memblokir nomor WhatsApp Jurnalis.

“ Ado di depan kantor desa,  Kemaren ndak dipasang belum ado tiangnyo,” Balas Budiman saat dikonfirmasi sebelum memblokir nomor jurnalis Angkasa Online.

Sementara pengamatan wartawan media Angkasa Online,   pembangunan proyek rabat beton tersebut disinyalir  ada faktor kesengajaan menyembunyikan informasi,  yang berpotensi  terdapat praktik tindak pidana korupsi  yang sangat beroptensi menimbulkan kerugian negara, serta  pelaksanaan pembangunan jalan rabat beton Desa Pal 30   kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara dan pelaksanaan Pembangunan diduga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB),  demikian. (agus revolusi)

Loading...
Loading...