Persiapkan KKN-PPM Tahun 2018, P3KKN Unib Bekali Mahasiswa

unibBengkulu AngkasaOnline.Com-Universitas Bengkulu dalam hal ini melalui tim P3KKN yang disponsori oleh Kemenristekdikti menyelenggarakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakt (KKN-PPM) yang bertemakan ‘Peningkatan Produksi Konsumsi dan Pengolahan susu kambing di Bengkulu,’ kepada mahasiswa/mahasiswi dari berbagai jurusan di Universitas Bengkulu di gedung  pusat pengurus P3KKN Universitas Bengkulu, Sabtu (12/05).

Pembekalan KKN-PPM ini diikuti sebanyak 52 Mahasiswa/Mahasiswi yang nantinya akan ditempatkan di  lima desa di kecamatan Pondok Kubang kabupaten Bengkulu Tengah selama 2 bulan dari tanggal 1 juni sampai 31 juli 2018, dimana desa yang dipilih adalah desa yang padat penduduk dan diutamakan adanya  Sekolah Dasar (SD), karena dilihat dari salah satu tema untuk meningkatkan konsumsi maka disini di utamakan sasarannya yaitu anak-anak.

Loading...

Berbagai materi yang disampaikan beberapa narasumber yaitu pemasaran susu dan produk olahan di Bengkulu yang disampaiakan oleh  Ismayadi S Pt,   Peluang beternak kambing perah di Bengkulu oleh Dr Ir Dadang Suherman MS, manajemen pemeliharaan kambing perah oleh Petrus Subandi, S.Pt dan teknologi pengolahan susu kambing oleh Evanila Silvia S Tp  M Si, serta ditutup dengan Laporan dan Evaluasi oleh Ketua KKN-PPM Jarmuji S Pt  M Si.

32266404_1056474657825310_6587255358362746880_nSaat diwawancarai   oleh Angkasa Online.Com (12/5), ketua tim P3KKN  Universitas Bengkulu, Jarmuji  juga menjelaskan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan di KKN-PPM  namun indikator sasarannya yaitu difokuskan kepada peningkatan produksi, konsumsi, dan pengolahan susu.

“Kegiatan KKN-PPM juga bekerja sama dengan pemerintah Provinsi dalam hal ini yaitu Dinas Peternakan dan  Kesehatan hewan dan LPP Baptis di Kecamatan Pondok Kubang Bengkulu Tengah dengan difokuskan kepada peningkatan produksi susu kambing, konsumsi dan pengelolahan produk hasil dari ternak kambing perah yaitu susu, dan sebelum itu mahasiswa juga diberikan pelatihan yang bertujuan ketika Mahasiswa terjun ke lapangan langsung maka mereka akan paham dan memahami bagaimana cara untuk meningkatkan produksi, konsumsi dan pengolahan serta pemasaran dari produk olahan tersebut. Ujarnya.

“Harapan saya ketika masyarakat sudah diberdayakan dengan produksi,  kunsumsi dan pengolahan susu, mereka akan terarik dan mau menggerakkan usaha peternakan dibidang kambing perah, serta berkaitan dengan konsumsi nanti kita akan kehilangan masa emas apabila natinya anak-anak generasi penerus kita kekurangan gizi dari sumber protein, jadi dengan konsumsi yang meningkat nantinya akan berpengaruh pada kecerdasan anak-anak dan selanjutnya apabila mereka cerdas maka akan mampu bersaing di masa yang akan datang. Tandas Jarmuji. (rdp)

Loading...
Loading...