Pengangkatan PNS Sekdes Linggar Galling Dipertanyakan

Foto Sekdes Linggar Galing (ny Nismaini)Foto Sekdes Linggar Galing (ny Nismaini)

Bengkulu Tengah  angkasaonline. com – Pengangkatan Sekretaris Desa Linggar Galing, Kecamatan Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah diduga terjadi pemalsuan data. Pasalnya, berdasarkan Keputusan Bupati Bengkulu Tengah Nomor: 821-529, terhitung pada tangal 01 Januari 2007, Ny. Nismaini diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil dalam pangkat juru golongan ruang (I/ C) dengan NIP: 197602162007012026, tidak sesuai dengan yang semestinya.

Hal ini diungkapkan mantan Kepala Desa Linggar Galling, Ny Ilastin kepada Berita Raflesia pada 27 Maret 2015 lalu. Dikatakan Ilastin, habisnya masa jabatan dirinya menjadi kepala desa yakni pada tanggal 29 September tahun 2009, sedangkan Sekdes di masa kepemimpinannya, Sekdesnya Marzan dan Sadihin. “Ini menjadi pertanyaan bagi saya, pengangkatan PNS itu sebenarnya seperti apa? Apakah kepala desa waktu itu tidak tahu sama sekali?,” kata Ilastin.

Loading...

Dikatakannya, dalam foto copy SK PNS Sekdes Linggar Galling tersebut terhitung pada tanggal 01 Januari 2007, diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta keputusan bupati tertulis sesuai dengan aslinya yang ditandatangani oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bengklulu Tengah dan Penjabat Bupati Bengkulu Tengah H. Bambang Suseno pada tanggal 29 Juli tahun 2009.

Sedangkan dirinya (Ny Ilastin-red) habis masa jabatannya pada tangal 29 september tahun 2009. “ Saya tidak pernah merasa mempunyai sekretaris desa yang bernama ny. Nismaini dimasa jabatan saya,” tegasnya.

Diungkapkan Ilastin, semasa ia menjadi kepala desa, ia tidak pernah sama sekali mempunyai sekretaris desa yang bernama Nismaini. “ Sekali lagi, saya tidak pernah sama sekali merasa mengajukan, apalagi menerima surat dari Pemkab Bengkulu Tengah tentang pengangkatan Sekdesw Linggar Galling menjadi PNS,”jelas mantan Kepala Desa Linggar Galing ini.

Ditempat berbeda, salah seorang masyarakat Desa Linggar Galling yang tidak ingin disebutkan namanya, kepada BR membenarkan pendapat mantan Kades Linggar Galing tersebut. “ Persisnya, saya tidak tahu, tetapi sewaktu kepala desa kami ( Kades lama ibu Ilastin), bahwa yang manjadi yang menjadi Sekdes Linggar Galling adalha bapak Marzan. Setelah bapak Marzan berhenti menjadi Sekdes dilanjutkan oleh bapak Sadihin, hingga habisnya masa jabatan ibu Ilastin menjadi Kades.

“ Saya tidak tahu tanggal dan tahun berapa habisnya masa jabatan ibu Ilastin tersebut. Saya menyatakan demikian, karena ketika saya ingin mengurus surat-surat yang berhubungan dengan pemerintah Desa Linggar Galing, saya sering sekali diarahkan ibu kades waktu itu (Ny Ilastin- red) untuk menemui Sekdesnya,” katanya.

Informasi tambahan mengatakan, bahwa yang menjadi Kades Linggar Galling setelah Ny Ilastin tidak lagi menjadi kepala desa, adalah Saparmandi yang tidak lain adalah suami dari Ny. Nismaini. Dan sehabisnya masa jabatan Saparmandi yang menjadi PJS Kades Linggar Galing, hingga berita ini diturunkan adalah Ny. Nismaini.

Untuk diketahui bahwa dalam Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia nomor 45 tahun 2007 tentang persyaratan dan tata cara pengangkatan Sekretaris Desa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ditanda tangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Hukum dan HAM, Andi Matalatta pada 30 Juli 2007 itu, pada BAB II tentang Persyaratan Pengangkatan Pasal 2 berbunyi bahwa Sekretaris Desa yang diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil adalah Sekretaris Desa yang dengan sah sudah menjadi sekretaris desa 15 Oktober 2004 yang dibuktikan dengan Legalitas jabatan sekretaris desa ditunjuk oleh surat keputusan pengangkatan sekretaris desa dan masih melaksanakan tugas sampai dengan berlakunya Peraturan Pemerintah ini.

Kepala Badan Kepagawaian Daerah(BKD) Kabupaten Bengkulu Tengah ketika mau dikonfirmasi berkaiatan dengan kasus tersebut hingga berita ini diturunkan belum dapat dihubungi. (rm)

Loading...
Loading...