OBJEK WISATA ‘Prasati Batu Jung Benteng’

Bengkulu Tengah AngkasaOnline.Com – Kabupaten bengkulu tengah menyimpan banyak objek wisata, baik itu wisata alam maupun objek wisata sejarah. Destinasi wisata yang terletak di kabupaten bengkulu tengah ini, memang banyak yang lokasinya terletak jauh dari keramaian, serta memerlukan kesiapan fisik dan mental untuk mencapainya. Jarak tempuh yang jauh, medan yang menantang, adalah hal yang harus dilalui para wisatawan untuk bisa menikmati keindahan alam yang terdapat di kabupaten bengkulu tengah.

Loading...

Kali ini tim kami akan mengexplore objek wisata batu jung yang terdapat di desa rindu hati kecamatan Taba Penanjung kabupaten Bengkulu Tengah. Objek wisata alam ini santer terdengar hanyalah sebuah batu yang terdampar di pinggiran sungai. Namun cerita rakyat yang menyebutkan bahwa batu ini adalah perahu yang digunakan putri gading cempaka pada masanya dulu, nah hal inilah yang menjadikan daya tarik wisatawan yang penasaran dengan batu jung ini.

Untuk bisa mencapai objek wisata batu jung, kita harus memasuki desa Rindu Hati kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah. Rindu Hati adalah salah satu desa di Kecamatan Taba Penanjung yang terletak sekitar 8 km di sebelah timur kantor kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah. Sebelah utara dibatasi oleh desa Tanjung Heran, sebelah timur dibatasi oleh Kabupaten Kepahiang, sebelah selatan adalah Kabupaten Seluma dan di sebelah barat adalah desa taba teret kec. Taba penanjung. Jarak tempuh dari kota Bengkulu unutk bisa sampai kesini, memakan waktu kurang lebih satu jam setengah dengan menggunakan kendaraan.

Suasana pedesaan masih sangat kental dengan aktifitas khas pedesaan, terlihat warga yang sedang menjemur hasil padi mereka, serta aktiftas petani yang sedang bersawah.

Perjalanan kami lanjutkan dengan berjalan kaki, karena kendaraan sudah tidak bisa melewati akses jalan untuk menuju objek wisata batu jung ini, hanya kendaraan yang sudah dimodifikasi khusus yang dipergunakan para warga desa untuk mengangkut hasil pertranian mereka yang bisa melintasinya. Dan kami pun memulai perjalanan kaki.

Selama perjalanan, yang bisa kita temukan adalah keidahanan alam desa rindu hati, mulai dari persawahan yang berjajar rapi, aliran sungai yang deras dan jernih, serta pemandangan perbukitan yang menjadikan keindahan alam yang jarang ditemui dimanapun semakin lengkap disini.

Bagi sahabat wisata yang hobi dengan tracking, haiking dan perjalanan menantang, jalur track menuju batu jung sangatlah menjanjikan, karena jalanan yang sedikit mendaki dan jelas membuat berkeringat ini, akan kita lewati untuk bisa mencapai batu jung tersebut.

Tibalah kami di lokasi tujuan utama yakni batu jung. Terlihat batu besar yang terletak dipinggir sungai, sangat kokoh dan sangat menyerupai bentuk dari sebuah kapal. Kembali teringat cerita rakyat terdahulu yang disebutkan oleh warga desa serta sesepuh desa bahwa batu ini adalah perahunya putri gading cempaka. Kondisi batu yang persis perahu ini semkin meyakinkan kami akan cerita legenda tersebut.(adv/tim)

Loading...
Loading...