Hidangan Lezat Gulai Rebung Asam Ikan Laut Khas Bengkulu

Gulai Rebung Asam/AngkasaOnline.Com

Olahan rebung atau masakan dari tunas bambu ini juga mempunyai cita rasa yang sangat khas. Salah satu cara membuatnya menjadi masakan yang enak adalah dengan dimasak gulai rebung asam. Gulai rebung dengan kuah santan ini biasanya juga dicampur dengan bahan lainnya seperti ikan laut.
Jika pembaca ingin mencoba nikmat dan gurihnya gulai rebung asam, mudah didapatkan di di rumah makan yang ada di provinsi Bengkulu.
Ikan laut juga yang banyak digunakan berbagai macam pariasi, tergantung dengan selera masing-masing. Di Bengkulu banyak juga yang menyukai gulai rebung asam campur dengan ikan gaguk yang merupakan ikan laut masih satu keluarga dengan ikan lele, apa lagi ditambahkan dengan petai yang memiliki citarasa tersendiri bagi penikmatnya.
Menu ini cukup populer di Bengkulu, tetapi memang rebung yang digunakan adalah rebung yang sudah diasamkan atau yang sudah melalui proses permentasi atau dengan cara potong halus rebung tipis memanjang dan cuci bersih, kemuadian rendam dengan air putih selama 2-3 hari. Kita juga bisa mencoba kreasi sederhananya di bawah ini untuk menambah variasi menu sehari-hari di rumah.
Cara membuat gulai rebung sangat sederhana, seperti yang dicontohkan di bawah ini:
Bahan dan bumbu :
300 gram rebung
500 gram Ikan Gaguk atau Laut dan atau sesuai selera
500 ml santan dari 150 gram kelapa parut
1 lembar daun salam
2 batang serai digeprek
3 buah asam kandis
1/2 sdt kaldu bubuk atau penyedap sesusai selera
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam atau secukupnya
minyak untuk menumis
Haluskan :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
7 buah cabe keriting merah
3 cm lengkuas
2 cm jahe
3 butir kemiri sangrai

Panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu halus, daun salam dan serai hingga wangi. Masukkan santan dan asam kandis, aduk rata lalu masukkan rebung, beri garam, penyedap dan gula. Aduk-aduk supaya santan tidak pecah, masukkan ikan.
Masak hingga rebung matang lalu angkat dan siap untuk disajikan. (rm)

Loading...
Loading...
Loading...