Lestarikan Kesenian Rakyat, DISPARBUD Benteng Adakan Pargelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk

Bengkulu Tengah AngkasaOnline.Com –  DISPARBUD mengadakan pargelaran kesenian rakyat di Desa Sri Kuncoro, Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu tengah (Benteng), Provinsi Bengkulu.

kegiatan berlangsung sejak 27-28 Januari 2019 malam dengan menampilkan berbagai kreasi kesenian. Seperti atraksi dol anak-anak, tarian anak dan remaja dari berbagai budaya ciri khas kecamatan se-Kabupaten Benteng hingga penampilan Guntur Ciaman yang merupakan pemenang lomba cipta lagu daerah beberapa waktu lalu.

Loading...

Ratusan warga dari berbagai desa se-Kabupaten Benteng terlihat antusias mendatangi lokasi pagelaran kesenian yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Januari 2019.

Memasuki pertengahan malam, acara dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk oleh group Lare Jawi asal Bumi Ayu 2, Kecamatan Selabar, Kota Bengkulu. Dalam pagelaran, Dalang Ki Gaul Sulkani menceritakan lakon yang berjudul Patruk Dadi Ratu.

Gunawan Wibisana, SSTP, MH selaku Plt. Kepala Dinas DISPARBUD Benteng mengungkapkan tujuan diadakannya kegiatan tersebut tidak lain dan bukan demi melestarikan kebudayaan lokal yang sudah mulai sedikit terlupakan, akan tetapi bukan hanya mengingatkan akan kebudayaan, gunawan juga bertujuan memberikan pendidikan moral, terbukti dari alur cerita perwayangan yang di bawakan oleh dalag semua berpesan positif bagi semua penikmat kegiatan,“Selain merupakan wadah untuk melestarikan budaya lokal, pagelaran seni juga merupakan salah satu sarana pendidikan moral. Tujuannya, agar masyarakat di Kabupaten Bengkulu tengah memiliki moral yang baik dengan menauladani budi pekerti luhur,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disparbud Kabupaten Bengkulu tengah, Gunawan Wibisana, SSTP, MH.

Sementara itu Wakil Bupati Bengkulu tengah, Septi Peryadi, STP memberikan apresiasi kepada Dinas Dikpora Kabupaten Bengkulu tengah yang menggelar pagelaran seni. Menurut Wabup, kegiatan bernilai positif ini bisa menjadi wadah pemersatu masyarakat Bengkulu tengah  yang terdiri dari berbagai suku, adat istiadat dan agama.

“Diharapkan, kegiatan seperti ini bisa menjadi agenda rutin setiap tahun. Ini juga bisa menjadi ajang promosi kebudayaan agar lebih dikenal oleh warga luar,” tutup Wabup

Turut hadir dalam acara, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkulu tengah, Hj. Elvita Ferry Ramli, perwakilan Kepala OPD di lingkungan Pemda Bengkulu tengah serta ratusan masyarakat dari berbagai desa se-Kabupaten Bengkulu tengah.(adv)

Loading...
Loading...