KPU Benteng Gelar Bimbingan Teknis Dana Kampanye 2019

bimtegBengkulu Tengah AngkasaOnline.Com – Senin (10/9/2018), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah menggelar bimbingan teknis dana kampanye terhadap pemilihan calon legislatif 2019. Kegiatan ini diselenggarakan di salah satu aula pertemuan di kabupaten Bengkulu Tengah yang dilaksanakan Pukul 08:00 WIB yang dihadiri langsung oleh komisioner KPU Bengkulu Tengah dan Seluruh Partai Politik seKabupaten Bengkulu Tengah.

Setelah acara Bimbingan Teknis Dana Kampanye resmi di buka oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum kabupaten Bengkulu Tengah, dilanjutkan dengan peenyampaian materi oleh komisioner KPU Bengkulu Tengah.

Loading...

Setelah komisioner, selanjutnya Martin yang merupakan staf sekretariat yang menyampaikan materinya kepada peserta. Materi pertama yang disampaikan oleh  yaitu mengenai beberapa hal, antara lain  yaitu tentang Kebijakan KPU dalam pelaporan dana kampanye mengenai peningkatan pelayanan kepada Peserta Pemilihan untuk menyusun laporan dana kampanye yang transparan dan akuntabel.

Metode kampanye yang diatur sesuai dengan UU Nomor 1 Tahun 2015 Pasal 65 ayat 1 diantaranya pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga kampanye (apk), iklan di media massa dan kegiatan lain yang tidak melanggar larangan kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Bentuk-bentuk sumber dana kampanye bisa berupa Uang, Barang, dan Jasa. Adapun pembatasan dana kampanye terbagi menjadi dua bagian yaitu pembatasan sumbangan kampanye dan penghitungan pembatasan pengeluaran dana kampanye.

Setelah memberikan materi kepada peserta parpol yang datang pihak KPU Benteng juga memberikan aplikasi yang di buat oleh KPU pusat yaitu, aplikasi yang mengatur keluar masuknya dana kampanye, “aplikasi ini bertujuan untuk mengetahui angaran yg di pakai oleh masing2 parpol dan calon legislatif”, ujar martin angota KPU benteng.

“Dari penyampaian narasumber tersebut, diharapkan pada kegiatan ini calon dan Tim bisa lebih memahami bagaimana cara mengalokasikan dana kampanye dengan baik  dan menyusun Pelaporan Dana Kampanye sesuai dengan ketentuan yang berlaku ” tutur Martin dalam sesi terakhir acara. (mrf)

Loading...
Loading...