Berdasarkan Persentase, Korsleting Listrik Mayoritas Penyebab Kebakaran

Tampak kobaran api yang kian membesar akibat korsleting listrik. oleh : rm/angkasaonline.com
Tampak kobaran api yang kian membesar akibat korsleting listrik. oleh : rm/angkasaonline.com

 

Bengkulu angkasaoline.com – Mayoritas penyebab terjadinya kebakaran disebabkan gangguan jaringan listrik, seperti contoh korsleting listrik. Ini disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Pemadam Bahaya Kebaran (PBK) Kota Bengkulu, Mitrul Ajemi.

Loading...

Kepada angkasaonline.com, Mitrul menjelaskan, dari rata-rata kebakaran yang terjadi setelah melalui proses penyelidikan memang banyak disebabkan dari korsleting listrik. Baik itu yang terjadi di rumah-rumah penduduk maupun di perusahaan-perusahaan.

“Kita bisa menilai ini berdasarkan data dari penyelidikan dan hasil presentase penyebab kabakaran yang terjadi selama ini di wilayah Kota Bengkulu,” jelas Mitrul, Rabu (7/10).

Menyikapi hal ini, pihaknya sangat mengharapkan kepada pihak-pihak terkait termasuk Perusahaan Listrik Negara (PLN) Bengkulu agar dapat memberikan perhatian khusus mengenai masalah ini.

“Karena masalah tentang instalasi, jaringan bahkan dampak dari korsleting litrik baik di perumahan maupun perkantoran, yang paling mengerti tentang hal tersebut. Kami anggap, ya pihak dari PLN itu sendiri,” tambah Mitrul.

Ditambahkannya, salah satu leaning sektor yang menangani masalah instalasi listrik memang pihak PLN. Termasuk untuk isntalasi dan wewenang yang melakukan sosialisasi terkait kebakaran. Baik itu cara penanganan dini, antisipasi bahkan bagaimana cara mengatasi pada saat terjadi kebakaran.

“Sosialisasi memang perlu dilakukan oleh pihak PLN, setidaknya kita sebagai masyarakat terkhususnya. Tentu akan bisa meminimalisir dampak terburuk jika terjadi kebakaran,” tutup Mitrul. (rm)

Loading...
Loading...