Gelamai Hidangan Lebran Khas Bengkulu

Adonan Gelamai Sudah Matang/ Sumber Foto Google

Sama seperti daerah lain, Bengkulu  jugabanyak memiliki  makanan khas Lebaran saah satunya  yang disebut Gelamai atau di daerah  lain disebut dodol.

Peroses pembuatannya Gelamai atau Dodol  memerlukan waktu  yang lumyan lama, kurang lebih menghabiskan waktu setengah hari hingga satu hari.

Loading...

Untuk membuatnya dibutuhkan kelapa yang sudah diambil santannya kemudian dimasak di atas api kayu dengan terus diaduk kira-kira dua jam, tepung ketan dan gula merah dimasukkan ke dalam santan itu.

Jika adonan ini  tak diaduk, maka akan rusak dan masaknya tak merata atau tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah adonan mateang, gelamai yang sudah berwarna kecoklatan lalu dimasukkan dalam wadah hingga keras dan siap dinikmati.

Tradisi Ngaduk Gelamai

‘Ngidak Gelamai atau Ngacau Gelamai’Jelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri, sudah membudaya di masyarakat Bengkulu khusunya masyarakat desa di baik itu masyarakat lembak, rejang maupun masyarakat serawai. Budaya ngidak atau ngacau gelamai ini dilakkan secara gotong royong oleh pemuda-pemuda desa atau dusun tersebut, terlebih-lebih bagi mantu baru atau masih pengantin baru.

Makananyang marak dibuat atau disuguhkan pada  lebaran Idul Fitri  tidak semua orang mampu membuat gelamai, karena memerlukan keterampilan dan resep khusus. Saat ini keahlian membuat gelamai hanya dikuasai para tetua saja. Karena sulit dibuat, adonan gelamai pembuatan gelamai biasanya dalam porsi besar dan dikerjakan bergotong royong minimal 2-6 orang

Makanan yang bercita rasa legit ini terbuat dari bahan ketan, santan, gula merah (khusus) serta dimasak menggunakan api tungku yang besar. namun, proses pembuatannya tidak selegit rasanya, membutuhkan kesabaran ekstra dalam menghasilkan gelamai kualitas unggul. Butuh waktu berjam-jam duduk di depan tungku untuk mengacau (mengaduk) hingga menjadi masakan yang utuh. Dan ada gelamai rasa pisang dan durian bila di campur dengan 2 bahan tersebut. (***)

Loading...
Loading...