DISPARBUD Sukses Adakan Lomba Cipta Lagu Daerah Benteng 2019.

Bengkulu Tengah AngkasaOnline.Com  – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DISPARBUD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) Provinsi Bengkulu menggelar lomba cipta lagu daerah dengan menggandeng salah satu Event Organizer (EO) ternama, RAR Production.

RAR Production digandeng agar lomba cipta lagu daerah yang akan berlangsung dua hari di Kabupaten Benteng ini terlihat lebih profesional. “Kami gandeng RAR Production, karena kami benar-benar profesional dalam mencari juaranya,” ujar Plt. Kadisparbud Benteng Gunawan Wibisana R.

Loading...

Gunawan  menambahkan, ajang pencarian pencipta lagu daerah ini sudah dimulai sejak beberapa pekan kemarin. Sejumlah nama telah mendaftar kan diri dengan membawa karya orisinil mereka,”mulai membuka pendaftaran sudah sejak tangal  4 Januari 2019 lalu, penutupan pendaftaran kita tutup di tanggal 17 januari, karena seleksi hingga final itu di tanggal 18 sampai tanggal 19 januari 2019.”Tambah Plt. Kadisparbud Benteng.

Lebih lanjut, proses pencarian dan penjurian telah di lakukan pada tanggal 18 januari sampai 19 januari. “Pemenang berhak mendapatkan hadiah yang telah kami siapkan berupa piaagam, uang pembinaan dan 10 lagu terbaik akan kami jadikan album Kkompiilasi Benteng Bisa, tentunya (pemenang) harus sesuai dengan kriteria yang kami inginkan,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur RAR Production Rifi zulhendri menambahkan, salah satu kriteria yang harus dipenuhi peserta yakni karya tersebut orisinil dan asli dalam lirik asli suku-suku yang ada di benteng, di antaranya Rejang, Lembak, Serawai dan Melayu.

“Antusias peserta cukup tinggi, bahkan ada satu peserta yang mengirimkan lebih dari satu karya. Dan perlu diingat, karya mereka nantinya akan dibuat dalam satu album lagu daerah kabupaten Benteng Bisa,” tukasnya.

Menurut Kabid Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Tengah, Selva Nengsih, acara ini bertujuan untuk mengasah kreatifitas musisi Maroba Kite Maju.

“Target kita tidak hanya melestarikan, tapi juga kita mengembangkan nilai-nilai bahasa daerah yang tadi kita lihat juga ada sebagian yang sudah mulai punah, kita coba untuk bangkitkan lagi kecintaan daerah,” Kata Selva Ningsih.

Lomba Cipta Lagu Daerah diikuti oleh 42 peserta, terutama kalangan remaja. Lomba ini diprediksi akan meningkatkan kecintaan pemuda terhadap budaya dan adat istiadat Bengkulu Tengah.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Septi Periyadi, wakil Bupati Bengkulu Tengah menambahkan bahwa dengan ada lomba cipta lagu daerah bisa meningkatkan dan melestarikan ciri khas budaya kita dan selai itu juga bisa nantinya menjadi Icon Bengkulu Tengah dengan lagu lagu daerah ini sehingga bisa dikenal oleh kanca Nasional kedepannya,” ujarnya.

Pada malam puncak acara Lomba Cipta Lagu Daerah Benteng dengan judul Amboi Benteng, hasil karya dari Guntur Putra Jaya, berhasil dinobatkan menjadi jawara dalam lomba cipta lagu daerah Bengkulu Tengah (Benteng). Lirik yang menceritakan banyak hal mengenai daerah Benteng yang dituangkan dalam lagu tersebut.

Turut hadir Peserta dari berbagai daerah pada malam puncak acara, bukan hanya dari Provinsi Bengkulu, bahkan dari daerah Jakarta juga ada yang mengikuti lomba ini. Penyerahan hadiah sekaligus penutupan oleh Wakil Bupati Benteng, Septi Peryadi, S.TP digelar Sabtu (19/1) malam.

Ikut hadir Ketua TP PKK Benteng, Ny. Hj. Elvita Ferry Ramli, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Benteng, Gunawan Wibisana, S.STP, M.Si, Kadis DPAPPKB Benteng, Sri Haryati Prasetia, S.TP, Kadis Dukcapil Benteng, Ayatul Mukhtadin, S.Sos, serta supporter peserta lagu daerah Benteng. Dalam acara ini sepuluh finalis membawakan lagu di hadapan tamu undangan yang hadir.

Septi dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut sangatlah baik dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap budaya daerah Benteng. Apalagi, hal ini merupakan bagian dari upaya kunjungan wisata, khususnya ke Kabupaten Benteng.

“Lagu daerah juga bisa menjadi salah satu item yang ditawarkan dalam membangun wisata di Benteng,” terangnya.

Sementara itu, Gunawan dalam kesannya mengatakan bahwa Benteng menjadi salah satu daerah kunjungan wisata, terus berupaya meningkatkan banyak hal di segala bidang. Selain objek wisata yang sudah ada, lagu daerah juga menjadi ciri khas dari daerah Benteng untuk ditampilkan dan dikenalkan dengan pengunjung dari luar Benteng.

Untuk lagu daerah sendiri, akan menjadi alat dalam menggaet pengunjung wisata ke Benteng. Lagu daerah yang ditampilkan dan masuk pada grand final akan dimasukkan dalam rekaman dan menjadi aset daerah Kabupaten Benteng. “Lagu daerah mengenalkan dan menjadi ciri khas Benteng,” demikian Gunawan. (adv/***)

 

Pemenang Lomba Cipta Lagu Daerah Benteng 2019

 

        Nama Pencipta Lagu              Judul Lagu

  1. Guntur Putra Jaya                 Amboi Benteng
  2. Mardian Hadi                          Ipe Janjeune
  3. Firdaus Alamsyah                 Buai Anak
  4. Saparudin                                 Pesen Tetui
  5. Arlin Samudra                        Pesen Sepasoak
  6. Rio Arianto                              Jangan Ngenyek-i
  7. Ronaldo Budiansyah            Cerito Dang
  8. Syafril Hadiansyah                Iso Coa Sayang
  9. Kisman Adinata                      Idup Saro
  10. Piyatno                                       Indahnya Bengkulu Tengah

 

 

Loading...
Loading...