100 Unit Rumah Berdiri, Desa Penandingan Bayar Nazar Leluhur

nazar2
Bengkulu Selatan Angkasa Online.Com Pemotongan Kerbau, Oleh Masyarakat Desa Penandingan /26-11-2017/ Julian Toro/ Angkasa Online.Com

– Karena sudah berdirinya seratus unit lebih rumah di desa Penandingan kecamatan Seginim, kabupaten Bengkulu Selatan,   masyarakat setempat membayar Nazar dengan memotong seekor Kerbau pada hari Minggu, (26/11/2017).

Menurut pnuturan kepala desa Penandingan, Sirman Toro bahwa pembayaran nazar ini, adalah nazar atau janji leluhurnya pada tahun tahaun 1920an silam.

Loading...

“Dua orang Puyang kami yaitu Puyang Layang dan Puyang Rangga Gucik Pada tahun 1920an, mengatakan ‘apa bila di desa Penandingan ini Berdiri 100 rumah’  maka kami atau anak cucu kami nanti akan memotong se ekor kerbau,” “jelas kades Sirman Toro dalam pidatonya.

Lanjut Sirman Toro “Dimana pada tahun 1960 desa Penandingan telah berdirinya 40 buah rumah yang mana pada saat itu dikepalai oleh Depati Masagar, namun di desa tersebut banyak sekali musibah yang melanda, seperti setiap orang yang melahirkan anaknya meninggal.”

Karena teringat dengan nazar puyang, maka Depati Masagar juga mengucapkan atau mengokohkan Nazar yang di ucapkan puyang mereka dulu,  sehingga musibah itu tak ada lagi, imbunya.

nazar-1“Dimana selama 97 tahun lamanya, akhirnya Nazar dari Puyang Layang dan Rangga Gucik dapat kita bayar pada hari ini pada tahun 2017 ini, sebelum datangnya Musibah yang melanda desa ini, dikarnakan rumah yang berdiri di desa ini sudah mencapai 113 Rumah,137 Kepala keluarga dan 480 Jiwa. Pemotongan kerbau ini kita lakukan di tengah desa, sebelum terbit pajar tadi,” Tandas Sirman Toro di dampingi Wadimin

Menurut pantauan jurnalis AngkasaOnline.Com, acara pembayaran nazar dengan pemotongan Kerbau ini dilaksanakan selama satu hari ini, dihadiri oleh Babinsa dari Koramil Sempat, Babinkantibmas dari Polsek setempat, kepala desa Se kecamatan Seginim dan Air Nipis. Demikian  (Jt)

 

Loading...
Loading...