Puluhan Aktivis Peduli Lingkungan Gelar Aksi Demo

teks : Puluhan Aktivis peduli mlingkungan saat menggelar aksi demo. sm/angkasaonline.com

Bengkulu angkasaonline.com– Puluhan Aktivis peduli lingkungan Provinsi Bengkulu kembali menggelar aksi demo menuntut Pemerintah Provinsi (Pemprop) Bengkulu melalui Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah, untuk segera menghentikan dan menutup aktivitas penambangan pasir di Pulau Enggano Kamis (22/10).

Aksi demo yang dimulai pukul 1.00 WIB itu bertujuan untuk menyelamatkan Pulau Enggano yang semakin terancam akibat aktivitas penambangan pasir yang mengganggu aktivitas masyarakat sekitar serta mengancam kelestarian Pulau Enggano.

Loading...

”Kami meminta pak Gubernur Junaidi untuk segera mencabut izin PT. Kalapa Satangkal Makmur Sejahtera yang mengancam kelestarian Pulau Enggano,’’ kata Koordinator Aksi, Soni Taurus dalam orasinya

Dijelaskan Soni, tidak hanya kepada pemerintah, aksi demo yang berlangsung di bundaran Simpang Lima Kota Bengkulu ini, juga meminta kepada Kapolda Bengkulu, Brigjend Pol. Drs. M. Ghufron, M.Si, agar secepatnya menindak oknum ataupun PT yang dianggap sudah melakukan penambanga pasir hingga kehidupan di Enggano menjadi terganggu.

‘’Bapak kapolda harus turun ke Enggano, tangkap mafia tambang,’’ jelas Soni sembari menirukan tulisan tuntutan yang dipegang oleh aktivis.

Sedangkan beberapa tuntutan lain yang disampaikan diantaranya, Stop tambang pasir di Enggano, ingat Salim Kancil (Aktivis Lingkungan yang mati terbunuh. RED)  pak Gub, Enggano keren tanpa tambang, Jangan diam atau Enggano akan mati, dan Bapak Kapolda harus turun ke Enggano tangkap mafia Tambang.

Soni menegaskan “dengan sudah dilakukannya beberapa kali aksi demo ini. Bukan berarti kami akan tinggal diam dan berhenti disini”.

“Kami akan terus melakukan aksi demo yang sama, demi kebaikan masyarakat banyak. Termasuk untuk di Enggano yang saat ini aktivitas tambang pasir di daerah tersebut dinilai sudah sangat menganggu dan meresahkan masyarakat,’’ tutup Soni

Diketahui jurnalis angkasaonline.com bahwa selain Walhi Bengkulu, Genesis Bengkulu dan Ulayat. Turut hadir dalam aksi demo ini, aliansi masyarakat sipil peduli enggano, seperti Barisan Pemuda Adat Nusantara (BP AN), Yayasan Citra Enggano (YCE), Yayasan Karya Enggano (YKE), Ikatan Keluarga Enggano (IKE), Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Enggano. demikian (sm)

Loading...
Loading...