Festival Tabot 2015 Resmi Dibuka

Foto Bersama Gubernur, wakil gubernur bengkulu didampingi Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata RI, Esthy Reko Astuti serta para pejabat saat pembukaan festival tabot.

Bengkulu, angkasaonline.com – Festival Tabot yang merupakan Even tahunan di provinsi Bengkulu resmi dibuka pada selasa malam (13/10), di Lapangan Merdeka View Tower kelurahan Kampung, Kota Bengkulu.

Pembukaan Festifal Tabot tahun 2015 kali ini diresmikan langsung oleh Gubernur Bengkulu, H Junaidi Hamsyah S.Ag M.Pd, dengan tema “Pesona Ritual dalam Keragaman Budaya”.

Loading...

Gubernur mengatakan, Festival Tabot merupakan upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk memperingati tahun baru Islam serta mengenang kisah kepahlawanan dan wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib, dalam peperangan dengan pasukan Ubaidillah bin Zaid di padang Karbala, Irak, pada tanggal 10 Muharam.

“Festival Tabot sudah menjadi Identitas Bengkulu dan sebagai even tahunan untuk memperingati tahun baru Islam dan mengenang wafatnya Cucu Nabi Mugammad SAW,” Kata junaidi.

Sementara itu, untuk meningkatkan kretifitas seni serta menarik wisatawan, Festival Tabot yang  berlangsung mulai tanggal 1 hingga 10 Muharam 1437 Hijriah atau 14 hingga 23 oktober 2015, Festival tabot akan dimeriahkan dengan perlombaan seni diantaranya lomba tari, Rabana, lagu perjuangan, serta lomba Dol tingkat Sekolah Dasar (SD).

“Tidak hanya mengadakan pameran dan pasar rakyat, festival Tabo yang berlangsung selama sepuluh hari kedepan juga akan menampilkan berbagai perlombaan seni seperti lomba rabana, tarian, lagu perjuanagan, serta lomba Dol tingkat SD,” Ungkap Juanaidi.

Acara yang berlangsung di lapangan merdeka view tower kelurahan kampung, kota Bengkulu itu dihadiri oleh Deputi Pengembangan dan Pemasaran Nusantara, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Esti Reko Astuti, para kepala daerah sekabupaten dan kota provinsi bengkulu, para pejabat serta para tokoh masyarakat propinsi Bengkulu.(sm)

Loading...
Loading...