Tidak Ada Putusan Pengadilan, Bupati BS Berani Pecat Kades

gambar Berita kades VS Bupati
gambar Berita kades VS Bupati

Bengkulu Selatan Angkasa Online.Com – Pemberhentian Kepala Desa (kades) Padang Beriang, kcamatan Pino Raya, kabupaten Bengkulu Selatan oleh Bupati Bengkulu Selatan tergolong nekad, karena tidak sejalan dengan Peraturan Daerah (Perda) kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2016 tentang Pemerintahan Desa. karena hingga saat ini, tidak ada sama sekali putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap yang menyatakan kepala Desa Padang Beriang terbukti bersalah dan Dipida Penjara.

Pasalanya, berdasarkan Salinan Gugatan Mantan Kades Padang Beriang di PTUN pada tanggal 13 Oktober 2016) dan keterangan dari mantan kepala Desa padang Beriang, Sapirin tersebuut bahwa diberhentikannya kepala desa Padang Beriang oleh Bupati Bengkulu Selatan tersebut adalah dengan diterbitkannya SK Nomor  140/530/Tahun 2016 pada tanggal 07 September 2016, tentang Pemberhentian kepala desa Padang Beriang kecamatan Pino Raya, kabupaten Bengkulu Selatan, tidak sejalan dengan Peraturan Daerah (perda) kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2016 tentang pemeintahan desa pada BAB II pasal 12 Huruf (g) yaitu (Kepala Desa Dinyatakan Berhenti Sebagai Pidana Berdasarakan Putusan Pengadilan Yang Telah Mempunyai Kekuatan Hukum Tetap).

Loading...

Ironisnya, hingga saat berita ini di rilis, sang mantan kepala desa tersebut tidak pernah menerima putusan pengadilan yang menyatakan dirinya bersalah, dan dipidana yang memiliki kekuatan humum tetap.

Untuk diketahui, diterbitkannya Surat Keputusan (SK)   dengan Nomor : 140/530/Tahun 2016 pada tanggal 07 September 2016, tentang Pemberhentian kepala desa Padang Beriang kecamatan Pino Raya, kabupaten Bengkulu Selatan oleh Bupati Bengkulu  Selatan, hanya berdasarkan laporan Hasil Pemeriksaan Inspektorat kabupaten Bengkulu Selatan Nomor : 700/19/KH/LHP/IK/2016 tanggal 22 Juli 2016, Prihal Laporan hasil Pemeriksaan Kasus Pengaduan Masyarakat Desa padang Beriang, Terhadap Kepala Desa Padanag Beriang Tersebut. (rm)

Jelang Pembacaan Gugatan, Pemda Panggil 6 Waraga Padang Beriang

Loading...
Loading...