‘Abrasi Pantai ‘ Jalur Lintas Selatan Terancam Putus

Kondisi Ancolnya Semidang Alas Mangancam jalan Lintas Selatan. (2/11/2015) Yonizar/angkasaonline.com

Seluma angkasaonline.com – Kawasan Jalan Lintas Selatan Tepatnya Dikawasan Desa Padang Bakung, kecamatan Semidang Alas Maras kabupaten Seluma Bengkulu terancam terputus, pasalnya beberapa hari terakhir air laut sudah berjarak mencapai lima meter dari badan jalan, Karena Jalan tersebut berdekatan dengan pantai (yang lazim disebut oleh masyarakat sekitar Ancolnya Semidang Alas Maras.RED) Abrasi Oleh Air Laut.

Menurut penuturan warga sekitar yang sambangi oleh jurnalis angkasaonline.com (2/11) mengungkapkan bahwa “Air laut mulai mengikis disekitar ujung tanggul dalam Beberapa hari terakhir hempasan ombak laut mendesak ke arah badan jalan”.

Loading...

Info yang terhimpun angkasaonline.com bhwa sebelum ada tanggul buatan yang mulai dikerjakan sekitar enam bulan terahir, dahulunya dikawasan ini sudah terbentuk tanggul alami dari bebatuan pantai dan masih sempat ditanami mangrove oleh warga diawal tahun 2015, karena masih berjarak sekitar tiga puluhan meter dari jalan lintas.

“Berkaitan atau tidak dengan proyek pembuatan tanggul tersebut tapi yang jelas deburan ombak air laut menyisir tanggul dan pecah diujung tanggul yang dibuat dan kini tinggal hanya berjarak sekitar ±5 meter saja” ungkap salah satu warga yang minta agar namanya dirahasiakan.

Untuk diketahui, jalan yang terancam adalah jalan lintas selatan yang bukan hanya menghubungkan antar kabupaten tapi juga menghubungkan antar provinsi, ironisnya jika pemerintah melalui instansi terkait lamban menyikapi dan menanggulangi permasalahan tersebut, maka dalam waktu singkat dapat diprediksikan jalan lintas ini tidak dapat dilalui lagi. (zr)

Loading...
Loading...